Sunday, January 25, 2009

Pemanggilan Tahap Dua Tak Memaksa Jumlah Ideal

Pemanggilan pemain tahap pertama sudah dilakukan PBSI pada awal Januari, sebelum mereka berangkat ke turnamen Super Series Malaysia dan Korea. Saat itu PBSI menyebut pemanggilan susulan akan dilakukan setelah pasukan Cipayung kembali.

Namun, rencana tersebut agaknya berubah. Hingga Rabu (21/1), belum ada keputusan atau pengumuman soal pemanggilan tahap dua.

Sejumlah pemain yang belum masuk ke pemanggilan tahap satu seperti Alamsyah Yunus, Hendra Aprida Gunawan, atau Alvent Yulianto masih berlatih di Pelatnas Cipayung. Di sektor putri, Jo Novita dan Fransiska Ratnasari juga masih terlihat.

"Belum ada keputusan soal pemanggilan. Kami masih akan mengadakan rapat pengurus. Setelah itu hasilnya dilaporkan ke ketua umum. Soal waktu pemanggilan juga belum bisa dikira-kira," kata Kabid Binpres, Lius Pongoh.

Meski belum menjelaskan apa pun, Lius memberikan perkiraan yang hampir pasti. Jumlah pemain utama dan pratama yang menghuni Pelatnas Cipayung tak akan sebanyak di periode kepengurusan Sutiyoso 2004-2008.

Sebelum pemain dipulangkan pada November tahun lalu, tercatat jumlah pemain utama sebanyak 51 orang. Ini masih ditambah pemain pratama sejumlah 32 orang sehingga total ada 83 orang atlet yang ada di pelatnas.

Belum juga disebutkan berapa jumlah pemain atau pasangan yang diinginkan di tiap sektor. "Maksimal mungkin enam pasang. Pelatih juga sulit jika pemain yang harus ditangani terlalu banyak," ujar pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, yang kini membawahi tiga pasangan.

Namun, PBSI tak akan memaksakan kuota maksimal jika memang materi pemain yang ada tak memenuhi syarat. "Idealnya memang jumlah pemain atau pasangan genap di tiap nomor. Tapi, kalau tak ada tak akan dipaksakan. Lebih baik sedikit tapi kualitasnya bagus. Kami ingin pemain kembali merasakan kebanggaan karena tak mudah masuk ke pelatnas," sebut Lius.

(sr:www.lautanindonesia.com/forums)

No comments: