Sunday, May 3, 2009

Swine Flu / Pig Flu/ H1N1 Flu / Flu Babi

[dipost juga di : mozartheoven blog]

Wow..
Sekarang dunia lagi happening banget sama flu ini. Flu yang muncul pada akhir April ini benar-benar menggemparkan dunia. Dulu, dunia digemparkan dengan virus pernapasan SARS, kemudian avian influenza/flu burung/H5N1 flu (terutama di Indonesia) dan sekarang swine flu.

Apa sih swine flu ini?
Swine flu adalah gabungan flu manusia dan flu aves yang jadi satu dan berkembang di dalam tubuh babi, kemudian dikeluarkan dan tertular ke manusia. Flu ini berbahaya, karena menyerang sistem kerja paru-paru. Selain itu, flu ini dapat cepat menyebar dari manusia ke manusia.

Di Mexico sendiri, sudah ada ± 473 orang dan 19 meninggal. Dari Mexico, flu ini pindah ke USA, dimana sudah ada ± 222 orang dan 1 meninggal. Beberapa negara juga memiliki penduduk yg terdeteksi swine flu ini, antara lain Canada, Spnyol, U.K, Jerman, New Zealand, Israel, Prancis, Korea Selatan, Costa Rica, Swiss, Italy, Hong Kong, Austria, Denmark, Ireland, dan Belanda. Meski belum banyak di negara-negara lain itu, tapi diperkirakan swine flu di negara-negara tersebut akan menyebar.

Contohnya baru ini di HK, ada orang Mexico yang tinggal di suatu hotel, dan dia terdeteksi terkena swine flu, dan imbasnya seluruh orang yang ± 200 penginap dan 100 staff hotel dikarantina untuk mencegah menyebarnya flu itu. Bukan hanya itu saja, semua penumpang pesawat yang di tumpangi dan supir taksi yg membawanya dari bandara ke hotel akan diperiksa.

Di Indonesia, belum ada orang yang terdeteksi kena swine flu (dan jangan sampai). Tapi pencegahan telah dilakukan. Di beberapa bandara internasional dan pelabuhan-pelabuhan dipasang thermoscaner, yang berfungsi mendeteksi suhu tubuh manusia. Jika suhu tubuh manusia tersebut diatas suhu tubuh normal, alat itu akan berbunyi, dan manusia nya akan disemprotkan cairan alkohol 70%. Dan Indonesia sudah memiliki tamiflu, obat yg kapan lalu digunakan utk flu burung/ H5N1. Tapi, banyak orang yang takut dengan flu ini, tapi kata Menteri Kesehatan, Siti Fadillah Supari, flu ini menjangkit di daerah yang memiliki 4 musim. Kalau di Indonesia, beriklim tropis, virus ini susah berkembang. Tapi kata dokter dari institusi pendidikan, flu ini tetap berkembang di Indonesia tapi dalam tipe yang berbeda. Mungkin tidak berbahaya dari pada yang ada di iklim 4 musim itu.

Apa sih tanda-tanda dari swine flu?
Menurut yang aku lihat dari program berita di TV, tanda-tandanya:
- Batuk
- Bersin
- Sesak nafas
- Suhu tubuh meningkat
- Nyeri Sendi
- Lemas


Bagaimana cara mencegah flu ini tertular?
Karena flu ini dapat menular dari manusia ke manusia, maka :
- Jangan berbicara terlalu dekat dengan orang yg terkena flu ini
- Jangan berciuman dgn orang yg terkena flu ini
- Gunakan masker jika disekitar ada yg terkena flu ini
- Jaga kebersihan

INGAT! Jika sudah ada gejala-gejala, segera ke rumah sakit.

Sekian sampai disini
Semoga di Indonesia tidak ada yg terkena swine flu, dan semoga di semua negara akan cepat bersih dari flu ini dan tidak banyak memakan korban

No comments: