Saturday, December 13, 2008

Final Master Super Series... China Mundur, Taufik Cedera

Masalah sepertinya belum mau pergi dari BWF Final Masters Super Series 2008. Setelah batal diselenggarakan tahun lalu, kali ini even puncak super series itu ditinggal Tiongkok. Negara bulu tangkis terkuat tersebut memilih mundur dengan alasan jadwal.

Pengunduran diri Tiongkok tersebut disampaikan oleh Federasi Bulu Tangkis Tiongkok yang diwakili Sekjen Liu Fengyan kemarin (11/12). Mereka menyatakan tiga alasan untuk tak mengikuti turnamen berhadiah total USD 500 ribu itu. Yaitu, terlalu padatnya kalender turnamen, tingginya risiko cedera, dan program pemusatan latihan yang akan dimulai menyongsong musim turnamen tahun depan.

Beberapa di antara pemain Tiongkok yang mundur adalah juara Olimpiade 2008 Beijing Lin Dan, peraih perak ganda pria Olimpiade Cai Yun/Fu Haifeng, dan peraih medali emas di nomor ganda wanita Du Jing/Yu Yang. Begitu pula tunggal wanita Zhu Lin, Lu Lan, dan Zhang Ning.

Selain nama-nama itu, beberapa pemain papan atas lain juga belum memastikan keikutsertaan. Di antaranya, juara Olimpaide nomor ganda campuran Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung (Korsel), Lars Paaske/Jonas Rasmussen (Denmark), dan Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna (Jepang). Tunggal pria juara Olimpiade 2004 asal Indonesia, Taufik Hidayat, bahkan ikut mengundurkan diri.

Tentu saja kondisi itu membuat turnamen dengan hadiah paling tinggi tersebut kurang gereget. Sebagai catatan, turnamen super series yang merupakan ajang perorangan tertinggi BWF maksimal memberikan hadiah USD 250 ribu.

Sekjen BWF Stuart Borrie mencoba bersikap tenang menghadapi kondisi itu. Dia optimistis turnamen tersebut tetap berkualitas meski tak dihadiri banyak pemain papan atas.

"Kami memang kecewa dengan tak adanya pemain-pemain papan atas itu. Namun, masih ada pemain berkualitas seperti Lee Chong Wei, Peter Gade, Kido-Hendra, Zhou Mi, Tine Rasmussen, dan Lee Yong Dae-Jung Jae sung," tutur Borrie. "Turnamen itu akan menjadi pekan mengesankan bagi para pencinta bulu tangkis," tambahnya.

Di sisi lain, beberapa pemain yang sebelumnya tak lolos delapan besar sebagai syarat final super series langsung promosi. Tuan rumah Malaysia, misalnya, merasa diuntungkan dengan meloloskan semakin banyak pemainnya pada kompetisi yang dihelat di Kinabalu, Sabah, mulai 18-21 Desember itu. Yakni, Wong Choong Hann dan Wong Mew Choo. India juga meloloskan pemain fenomenal Saina Nehwal ke turnamen yang dihelat di Likas Indoor Stadium tersebut.

Indonesia pun menambah dua punggawa dari nomor berbeda, Jo Novita/Grysia Polii pada ganda wanita dan Flandy Limpele/Vita Marissa ke ganda campuran.

Pada nomor tunggal pria, Chen Jin dan Lin Dan masing-masing diganti pemain Inggris Andrew Smith dan Choong Hann. Sedangkan Zhu Lin dan Lu Lan digantikan Mew Choo dan Saina.

sumber: Jawapos

No comments: